Kamis, 26 Februari 2015

Potsdam: Kota Damai Kekaisaran Jerman

 Sebuah kota kecil berjarak satu jam perjalanan menggunakan kereta dari pusat kota Berlin. Sebuah kota yang bersahaja. Begitu tenang. Hanya sesekali terlihat kendaraan bermotor melintasi jalan raya. Sementara pejalan kaki dan pengendara sepeda pun bisa dihitung. Entah karena itu karena musim dingin, dimana orang-orang enggan ke luar rumah atau memang begitulah keseharian kota ini. Bangunan-bangunan dengan arsitektur eropa mendominasi kota ini. Yang menarik yang saya lalui adalah museum film disana. Gedungnya megah. Besar. dengan dominan warna emas dan merah. Yang menarik bagi saya adalah adanya masjid di pinggir jalan yang didominasi warna hujau di kubahnya, sementara temboknya bergaris putih-emas. Walau tidak terlalu besar, masjid ini cukup mencolok diantara bangunan ala eropa lain disekitarnya. Disini juga ada replika Brandenburger Tor di sebuah tamah kota. 

Sampai di komplek istana. Kita akan disambut dengan bangunan tua (sepertinya gereja) dengan danau kecil di sampingnya lengkap dengan pepohonan dan rerumputan. Semakin jauh berjalan, Sanssouci Schloss (Sanssouci Palace) masih terlihat megah. Letaknya yang tinggi, kita harus menaiki anak tangga untuk mencapai tempat ini untuk kemudian, tentu saja, berfoto. Dari tempat ini, kita bisa melihat taman yang sangat cantik yang biasanya hanya kita lihat di film-film kerajaan eropa. Kolam di tengah dan jalan-jalan menuju beberapa tempat yang diapit oleh pepohonan tinggi. Di belakang Sanssouci Palace, ada museum berisi perlengkapan jaman kerajaan yang masih lengkap dan utuh. Bangunan museum ini sangat menarik. Ada pagar melengkung setengah lingkaran dengan tinggi sekitar 3 meter berwarna cokelat keemasan dengan ruang lapang di tengahnya. Di bagian samping ada juga toko yang menjual souvenir dan guide bagi wisatawan. Dari tempat ini kita juga bisa melihat sebuah kastil dari kejauhan. Tidak jauh dari museum, ada kincir angin ala Belanda. yang unik adalah di atasnya ada sebuah rumah kecil sederhana berbentuk kotak.

Melewati jalan setapak dengan deretan pepohonan sejauh kurang lebih 1 kilometer, kita akan sampai di New Palace. Istana berwarna merah-hijau dengan pelataran rerumputan luas. Bangunan ini berbentuk memanjang (sangat panjang) dengan kubah berwarna hijau. Di belakang New Palace, masih ada bangunan yang sangat cantik berwarna keemasan. Di sampingnya, pusat informasi wisatawan bersatu dengan toko souvenir dan toilet! (akhirnya saya menemukan toilet di komplek yang sangat besar ini dengan biaya 50 cent)

Komplek ini sangat luas, jadi siapkan stamina anda.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar